Author Archives: jokoblitar

UJI BERA, PEMERIKSAAN PENDENGARAN

      Comments Off on UJI BERA, PEMERIKSAAN PENDENGARAN

Brain Evoked Response Auditory (BERA) adalah pemeriksaan pendengaran yang dilakukan pada anak umur 1-3 tahun. Pada anak dengan usia yang lebih kecil, dapat dilakukan pemeriksaan OAE. Bila hasil uji BERA baik, maka dapat disimpulkan fungsi pendengaran dalam batas normal dan tidak perlu tindak lanjut. Namun bila hasilnya abnormal, maka dilanjutkan dengan pemeriksaan estimasi atau prediksi ambang dengar. Harus segera dilakukan… Read more »

3 Fase Demam Berdarah yang Wajib Anda Ketahui

      Comments Off on 3 Fase Demam Berdarah yang Wajib Anda Ketahui

Sumber : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/demam-berdarah-dengue-dbd/fase-demam-berdarah/ Memasuki musim pancaroba dengan cuaca yang tidak menentu membuat Anda harus was-was dengan penyakit demam berdarah. Pasalnya, nyamuk Aedes aegypti yang membawa penyakit demam berdarah ini memiliki kemampuan terbang sejauh 100 meter sehingga proses penularannya berlangsung sangat cepat. Selain mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah beserta gejala penyakitnya, Anda juga perlu tahu fase demam berdarah yang biasa dialami ketika seseorang terjangkit virus ini. Jadi, Anda… Read more »

Publikasi Pencapaian Indikator Mutu RS

      Comments Off on Publikasi Pencapaian Indikator Mutu RS

PMKP – Peningkatan Mutu Dan Keselamatan Pasien, merupakan upaya meningkatan mutu secara keseluruhan dengan terus menerus. ?Mengurangi risiko terhadap pasien dan staf baik dalam proses klinis maupun lingkungan fisik. Fokus Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) adalah : Kepemimpinan dan Perencanaan. Rancangan Proses Klinis dan Manajerial. Pemilihan Indikator dan Pengumpulan Data. Validasi dan Analisis Data Penilaian. Mencapai dan Mempertahankan Peningkatan Mutu…. Read more »

Kapan Diperlukan Cuci Darah ?

      Comments Off on Kapan Diperlukan Cuci Darah ?

sumber : Kompas Hemodialisa di RSK Budi Rahayu klik disini ! Kompas.com – Jika fungsi ginjal hanya tinggal lima sampai sepuluh persen dari kapasitas normalnya, maka kondisi ini disebut sebagai penyakit ginjal stadium akhir. Ini berarti fungsinya harus digantikan oleh cangkok ginjal atau mesin cuci darah (dialisis).

Cuci Darah bisa di cegah ?

      Comments Off on Cuci Darah bisa di cegah ?

sumber : klik disini ! Seorang pengunjung pasien galau memikirkan begitu banyaknya orang harus cuci darah, jangan-jangan dia kelak memerlukan juga simak  di tanya jawab berikut ini  … Assalamualaikum Dokter Zubairi Yth, Beberapa waktu lalu, saya ke rumah sakit menengok paman yang sedang sakit ginjal dan sempat mengantar ke ruang cuci darah. Beliau menjalani cuci darah tiga kali seminggu. Saya… Read more »

Pengertian Intensive Care Unit (ICU) di RSK BUDI RAHAYU – Blitar

      Comments Off on Pengertian Intensive Care Unit (ICU) di RSK BUDI RAHAYU – Blitar

Intensive Care Unit (ICU) adalah suatu bagian dari rumah sakit yang terpisah, dengan staf  khusus yang ditujukan untuk observasi, perawatan dan terapi pasien yang menderita penyakit, cedera atau penyulit – penyulit yang mengancam jiwa atau potensial mengancam jiwa. ICU menyediakan kemampuan, sarana dan prasarana serta peralatan khusus untuk menunjang fungsi – fungsi vital dengan menggunakan ketrampilan staf medis, perawat dan… Read more »

PIJAT BAYI (TOUCH THERAPY)

      Comments Off on PIJAT BAYI (TOUCH THERAPY)

Oleh : Hana Sutikni, AMF (RSK BUDI RAHAYU – BLITAR) Pijat bayi adalah seni perawatan kesehatan dan pengobatan yang telah  dipraktekkan sejak berabad – abad silam oleh pelbagai kebudayaan ( PPKC, 2008). Pengalaman pijat pertama yang dialami manusia adalah pada waktu ia dilahirkan, yaitu pada waktu melalui jalan lahir ibu. Proses kelahiran adalah suatu pengalaman traumatik bagi bayi karena dia… Read more »