Category Archives: Rehabilitasi Medis

Terapi Medik untuk Penderita Osteoporosis Pasca-Menopause

      Comments Off on Terapi Medik untuk Penderita Osteoporosis Pasca-Menopause

Osteoporosis pasca-menopause banyak dialami oleh wanita-wanita yang berusia diatas 60 tahun. Terapi medik dapat membantu untuk mengurangi kecepatan penurunan massa tulang dan meningkatkan kecepatan pembentukan tulang baru. Terapi ini terdiri dari 2 model yaitu terapi obat dan penatalaksanaan rehabilitasi. 

Apa itu Rehabilitasi Medik?

      Comments Off on Apa itu Rehabilitasi Medik?

Deskripsi Ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi lebih dikenal dengan istilah Rehabilitasi Medik merupakan cabang ilmu kedokteran yang mengelola secara komprehensif kecacatan/ keterbatasan fisik akibat penyakit/cedera. Lingkup penanganan meliputi sistem saraf-otot-tulang (neuromuskulosteral) dan Jantung-pernafasan (kardiorespirasi) beserta gangguan psiko (kejiwaan) – sosio (sosial) dan vokasional (aktivitas/pekerjaan) yang menyertai penyakit/cedera.

PIJAT BAYI (TOUCH THERAPY)

      Comments Off on PIJAT BAYI (TOUCH THERAPY)

Oleh : Hana Sutikni, AMF (RSK BUDI RAHAYU – BLITAR) Pijat bayi adalah seni perawatan kesehatan dan pengobatan yang telah  dipraktekkan sejak berabad – abad silam oleh pelbagai kebudayaan ( PPKC, 2008). Pengalaman pijat pertama yang dialami manusia adalah pada waktu ia dilahirkan, yaitu pada waktu melalui jalan lahir ibu. Proses kelahiran adalah suatu pengalaman traumatik bagi bayi karena dia… Read more »