Apakah kipas angin aman digunakan di dalam ruangan?

Apakah kipas angin aman digunakan di dalam ruangan?

Di rumah, kipas angin meja atau berdiri aman digunakan untuk sirkulasi udara di antara anggota keluarga yang tinggal bersama dan tidak terinfeksi virus penyebab COVID-19. Namun, kipas angin harus dihindari jika ada orang yang bukan anggota keluarga dekat yang berkunjung, karena beberapa orang dapat tertular virus meskipun tidak memiliki gejala. Embusan udara dapat terjadi secara langsung dari orang yang terinfeksi ke orang lain di dalam ruangan tertutup sehingga meningkatkan penularan virus dari satu orang ke orang lain.

Di rumah, kantor, atau sekolah, jika penggunaan kipas angin meja atau berdiri tidak dapat dihindari, penting untuk meningkatkan pergantian udara luar ruangan dengan cara membuka jendela dan meminimalkan embusan udara dari satu orang (atau sekelompok orang) ke orang lain (atau sekelompok orang).

Penggunaan kipas angin gantung/langit-langit dapat meningkatkan sirkulasi udara luar dan menghindari kantong-kantong udara yang terhenti di ruangan yang ditempati. Namun, sangat penting untuk menjaga ventilasi luar ruangan yang baik saat menggunakan kipas angin gantung/langit-langit. Cara efisien untuk meningkatkan pertukaran udara luar ruangan adalah dengan membuka jendela.

 

Referensi :

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-ventilasi-ac-konteks-covid-19