HOME | KAMI | BUKU TAMU | NEW! BLOG
22 July 2014

PELAYANAN

DOKTER

SEJARAH

MITRA

WARTA

GALERY

INFO
 
LINK
 
IdeBagus - Web Design dan hosting untuk website Indonesia

 

SEJARAH

 
Untuk memberikan pelayanan kesehatan khususnya di wilayah kota Blitar dan sekitarnya, maka Yayasan Yoseph mendirikan dan mengelola sebuah Rumah Sakit Umum Katolik. Sebelum menjadi sebuah Rumah Sakit, pendirian Rumah Sakit Katolik BUDI RAHAYU diawali dengan terbentuknya sebuah poliklinik Rawat Jalan dan B.K.I.A.
 
- Tahun 1936, Mempunyai 20 (dua puluh ) tempat tidur, seiring perkembangan taraf hidup dan kebutuhan masyarakat kota Blitar akan pelayanan kesehatan.
- Tahun 1965, RSK BUDIRAHAYU menambah jumlah tempat tidur menjadi 50 (lima puluh ) tempat tidur.
- Tahun 1967, RSK BUDIRAHAYU meningkatkan pelayanan dengan membuka sarana pelayanan penunjang diagnostik berupa Laboratorium.
- Tahun 1974, RSK BUDI RAHAYU membangun satu Asrama Perawat dan merenovasi kamar-kamar untuk orang sakit.
- Tahun 1978, RSK BUDI RAHAYU mendapat satu kendaraan Ambulan yang pertama dari Pemerintah.
- Tahun 1983, Membangun beberapa kamar untuk orang sakit, sehingga kapasitas menjadi 65 (enam puluh lima) tempat tidur.
- Tahun 1984, Membangun beberapa sarana penunjang medik yang berupa Kamar Operasi yang peralatannya telah mendapat bantuan dari Pemerintah berupa meja dan lampu operasi.
- Tahun 1986 RSK BUDI RAHAYU semakin berkembang sehingga kapasitas tempat tidur menjadi 80 (delapan puluh) tempat tidur. Dengan perkembangan ini, telah dibangun pula sarana diagnostik Rontgen (foto) dan pelayanan ECG. Untuk perlengkapan telah dibeli sebuah pesawat X-Ray guna kepentingan pelayanan penderita.
- Th.1991/1992, RSK BUDI RAHAYU melaksanakan perluasan dengan membangun beberapa ruangan tambahan untuk penderita rawat inap, Poliklinik, dan UGD (Unit Gawat Darurat), Gedung Rehabilitasi Medik dan Rontgen, Gedung Laboratorium. Kamar Operasi dibangun dua buah untuk Sepsis dan Asepsis. Disamping itu dibangun pula Asrama Perawat bertingkat dua sebagai sarana untuk menampung Paramedis sehingga komunikasi menjadi lebih mudah.
- Tahun 1994, RSK BUDI RAHAYU menambah beberapa peralatan untuk Rehabilitasi Medik, USG, Dapur dan Kamar Cuci. Disamping itu dibangun pula sarana Poli Gigi.
- Th.1995/1996, RSK BUDI RAHAYU semakin berkembang dalam memberikan pelayanan penderita rawat inap, sehingga tersedia tempat tidur sebanyak 120 (seratus dua puluh) dan berkapasitas 125 (seratus dua puluh lima) tempat tidur. Untuk meningkatkan mutu pelayanan serta efisiensi waktu dan tenaga kerja, Rumah Sakit menambah peralatan dan sistem komputerisasi diberbagai unit.
- Tahun 1997, RSK BUDI RAHAYU melaksanakan perluasan dengan membangun dua ruangan tambahan untuk Ruangan Rawat Inap Isolasi dan Ruang Tunggu Keluarga Penderita.
- Tahun 1998, RSK BUDI RAHAYU melaksanakan perluasan dengan membangun :
- 1 (satu) Ruang Tambahan untuk Ruang Pertemuan.
- 1 (satu) Ruang Tambahan untuk Instalasi Perbaikan Sarana.
- 1 (satu) Ruang Tambahan untuk Garasi.
- 1 (satu) Ruang Tambahan untuk Gudang.
- Tahun 1998 s/d 2001 RSK BUDI RAHAYU Blitar mendapat status Akreditasi Penuh oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia yang telah memenuhi Standar Pelayanan RS meliputi :
- Administrasi dan Manajemen
- Pelayanan Medis
- Pelayanan Gawat Darurat
- Pelayanan Keperawatan
- Rekam Medis
- Tahun 1999, - RSK BUDI RAHAYU melaksanakan perluasan ruangan rekam medik dengan merenovasi ruang yang ada tanpa membangun yang baru.
- Dibangun pula sebuah pos penjagaan untuk petugas keamanan / Satpam.
- Tahun 2000, RSK BUDI RAHAYU semakin berkembang dalam memberikan pelayanan penderita rawat inap, sehingga tempat tidur tersedia menjadi 122 dan berkapasitas 136 tempat tidur. Melaksanakan pula perluasan :
- Ruang makan karyawan dengan merenovasi ruang yang ada tanpa membangun yang baru.
- Satu ruang tiga pintu untuk garasi.
- Satu ruang untuk Poli Gizi
- Dental Unit dan Rontgen Gigi
- Perluasan Dapur dan Kamar Cuci
- Memasang keramik UGD, Poliklinik, Rontgen
- Tahun 2001, RSK BUDI RAHAYU semakin meningkat dalam memberikan pelayanan penderita rawat inap, sehingga tempat tidur tersedia menjadi 127 dan berkapasitas 135 tempat tidur. Melaksanakan pula perluasan :
- Renovasi AULA ,Garasi dan membangun kantor Instalasi Perbaikan sarana ( IPS )
- Menambah ruang untuk gudang alat-alat RS dan perpustakaan
- Mengganti kayu-kayu bangunan yang lapuk.
- Memasang keramik Rumah Sakit
- Tahun 2002, RSK BUDI RAHAYU, mempersiapkan kembali untuk mengikuti akreditasi ke-2 yaitu 12 pelayanan pokok. Semua sarana, prasarana dan prosedur di persiapkan sesuai dengan standar yang berlaku. Begitu pula pelatihan-pelatihan diikuti untuk mencapai pada standarisasi sesuai yang dikehendaki Akreditasi.
Akreditasi dilaksanakan 20, 21, 22 November 2002 : RSK Budi Rahayu didatangi Surveyor dari Tingkat Pusat, dan dilaksanakan Penilaian Akreditasi.
- Tahun 2003 RSK BUDI RAHAYU memperluas pelayanan dengan merenovasi kamar perawatan yang ada untuk pelayanan ICU ( Intensif Care Unit ).
- Memperluas dengan merenovasi ruang kerja kantor perawatan Pav I , Pav II, pav III dan Pav IV.
- Membangun ruangan yang dipergunakan untuk Ka.Subsi Keperawatan, Komite Medis dan Staf medis, gudang sabun, kantor koperasi, dan dapur pav II
- Membangun gudang alat-alat Rumah Sakit.
- Peningkatan pelayanan Radiologi pada bulan Maret 2003 telah dipasang 1 (satu) unit CT Scan yang bertempat diruangan radiologi.
- Membangun Ruang isolasi yang berada di Pav III dan Pav IV
- Tahun 2004 RSK BUDIRAHAYU melaksanakan apa yang sudah dibangun, memberikan pelayanan yang lebih meningkat kepada seluruh pasien dengan segala kelengkapan yang sudah kita miliki, disamping dokter-dokter spesialis yang semakin bertambah. Didalam rapat direncanakan pula untuk penambahan pembangunan / renovasi khususnya untuk administrasi, IGD, dan Farmasi oleh karena sampai saat ini hampir seluruh ruangan diisi selain karyawan juga dokumen- dokumen yang perlu dipertahankan sebelum akhirnya dimusnahkan setelah disimpan selama 7 ( tujuh ) tahun , untuk apotek 3 ( tiga ) tahun dari tanggal penerimaan resep.
- Tahun 2005 RSK BUDIRAHAYU mengadakan renovasi gedung administrasi menjadi 3 ( tiga ) lantai yaitu untuk administrasi, poliklinik, farmasi dan membangun sarana tempat parkir untuk pengunjung. Selain secara fisik, RSK Budi Rahayu juga meningkatkan pelayanan dengan menambah dan merenovasi kamar perawatan pelayanan ICU ( Intensif Care Unit ) berikut dengan ruang tunggunya, dan juga memperluas ruang perawatan untuk pasien bersalin. Dipersiapkan pula akan adanya pelayanan Hemodialisa yang direncanakan beroperasi pada tahun 2006 mendatang.
 
Usaha-usaha pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat mengacu kepada medis teknis dari Departemen Kesehatan melalui Direktorat Rumah Sakit Swasta. Demikian juga pembinaan diberikan oleh Dinkes Tingkat I dan Dinkes Tingkat II Blitar. Sebagai suatu Rumah Sakit dengan pelayanan rawat inap maka juga memberi rujukan baik ke atas yaitu Rumah Sakit di Malang, atau Surabaya maupun menerima rujukan dari bawah yaitu Puskesmas dan balai pengobatan yang ada di Blitar dan daerah sekitarnya.
 

Design Web by : EDP | Up date Juni 2009
Copyright by : www.budirahayu.com