11.Radiologi (Radiology)

Pelayanan kesehatan untuk umum baik pasien rawat jalan dan rawat inap yang perlu penanganan radiologi.

Jenis Layanan :

  • CT-SCAN (Computed Tomography) Canon Aquilion Prime SP 80 slide

 

Proses yang cepat hingga pemindaian jantung yang kuat dan kemampuan diagnostik baru, Aquilion Prime adalah sistem CT pilihan untuk semua kebutuhan pencitraan Anda.

Dibangun dengan teknologi premium yang dimigrasikan langsung dari CT high-end Canon, Aquilion Prime SP memberdayakan fasilitas Anda untuk menangani semua pasien dari pediatrik hingga bariatrik, bahkan kasus yang paling menantang, sambil memberikan solusi cepat dan efisien kepada semua staf untuk mempermudah pekerjaan mereka, dan memberikan kepuasaan ke pasien dan keluarga.

https://us.medical.canon/products/computed-tomography/aquilion-prime-sp/

 

  • Foto rontgen ( tanpa atau dengan kontras )
    Foto rongten merupakan pemeriksaan radiologi yang memanfaatkan Sinar-X dalam pengambilan gambar terhadap organ tubuh untuk menghasilkan diagnosa suatu penyakit.Foto rontgen pada saat ini dilakukan menggunakan sistem Digital Radiography (DR), di mana detektor panel datar digunakan sebagai pengganti film dalam menerima Sinar-X. Dengan sistem DR, gambar dapat segera dilihat di monitor dengan lebih cepat setelah proses pengambilan gambar. Proses tersebut memakan waktu beberapa detik dan hasil gambar digital dapat disimpan / diteruskan dimanapun sesuai kebutuhan.
  • USG 4 Dimensi (untuk info lebih lanjut klik disini atau klik disini) 
    Ultrasonografi atau yang biasa dikenal sebagai USG, merupakan prosedur medis yang dianjurkan pada ibu hamil (bumil). Lewat USG, dokter bisa melihat gambar atau citra dari kondisi bagian dalam tubuh dan janin.
    USG 4D mampu menyajikan gambar bergerak, seperti video. Dengan begitu, ibu bisa melihat aktivitas janin secara lebih jelas. Misalnya, saat menguap, tersenyum, ataupun melakukan gerakan lainnya. Enggak cuma itu saja, ibu juga bisa kok melihat bagian tubuh janin secara lebih nyata.
    USG empat dimensi ini juga bisa membantu dokter kandungan untuk mendeteksi kemungkinan adanya gangguan atau abnormalitas pada janin dan kondisi organ-organ janin. Nah, dengan begitu dokter bisa segera melakukan langkah-langkah penanganan.
  • USG Doppler (Color dan Greyscale)
    Doppler Ultrasound, atau biasa disebut USG Doppler merupakan tes bersifat non-invasif yang digunakan untuk memperkirakan aliran darah melalui pembuluh darah. Caranya adalah dengan memantulkan gelombang suara frekuensi tinggi (ultrasound) dari sirkulasi sel darah merah. Umumnya, USG menggunakan gelombang suara untuk bisa menghasilkan gambar, tetapi tidak bisa menunjukkan aliran darah.
  • HSG
    Histerosalpingografi atau Histerosalpingogram (HSG) adalah pemeriksaan dengan menggunakan sinar Rontgen (sinar-X) untuk melihat kondisi rahim dan daerah di sekitarnya. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah infertilitas.
    Histerosalpingografi bisa disebut juga sebagai uterosalpingografi.
    Histerosalpingogram atau HSG adalah prosedur x-ray yang digunakan untuk melihat apakah tuba falopi paten (terbuka) dan apakah bagian dalam rahim (rongga rahim) normal.
  • UGI (Upper Gastro-Intestinal)
    Radiografi saluran cerna bagian atas atau Gastro Intestinal bagian atas menggunakan bentuk sinar-x real-time yang disebut fluoroskopi dan bahan kontras berbasis barium untuk menghasilkan gambar esofagus, lambung, dan usus kecil. Ini aman, non-invasif, dan dapat digunakan untuk membantu mendiagnosis nyeri, refluks asam, darah dalam tinja, dan gejala lainnya secara akurat.
  • Oesophagografi
    Adalah pemeriksaan radiologi esophagus dengan menggunakan bahwan kontras atau menelan barium sulfat. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menilai seringnya mulas (nyeri), Iritasi lambung, muntah, kesulitan makan, minum, atau menelan.
  • Colon In loop
    Colon in loop merupakan teknik pemeriksaan radiologi usus besar yang dapat menggunakan kontras tunggal dengan menggunakan larutan kontras barium, sedangkan kontras ganda menggunakan larutan barium dan udara.
  • IVP (Intravenous Pyelogram)
    Pielogram intravena (IVP) adalah pemeriksaan x-ray yang menggunakan suntikan bahan kontras untuk mengevaluasi ginjal, ureter, dan kandung kemih dan membantu mendiagnosis darah dalam urin atau nyeri di sisi atau punggung bawah. IVP dapat memberikan informasi yang cukup untuk memungkinkan dokter merawat Anda dengan obat-obatan dan menghindari operasi.
  • Uretrogram
    Pencitraan dengan menggunakan foto Rontgen, untuk melihat seberapa parah penyempitan yang terjadi. Tes infeksi menular seksual, untuk memeriksa kemungkinan infeksi gonore dan chlamydia. USG panggul, untuk memeriksa jumlah sisa urine di kandung kemih setelah buang air kecil.
  • Cystogram
    Pemeriksaan Radiogradi fluoroskopi yang menggambarkan kandung kemih.
  • Fistulografi
    Fistulografi adalah pemeriksaan radiografi untuk menunjukan lokasi, luas, dan panjang dari fistula ( saluran abnormal ) yang biasanya diantara dua organ.
    Fistulografi Interna adalah pemeriksaan radiografi untuk menunjukan lokasi, luas, dan panjang dari fistula yang menghubungkan dua organ tubuh bagian dalam.
  • RPG (Retrograde Pyelography)
    Teknik atau prosedur atau tata cara pemeriksaan sistem urinaria dengan menggunakan sinar-X dan memasukkan media kontras secara retrograde (berlawanan dengan alur sistem urinaria) untuk menegakkan diagnosa. Pemeriksaan ini dilakukan apabila sistem urinary sudah tidak berfungsi. Media kontras dimasukkan berbalik atau melawan jalannya alur sistem urinaria melalui sistem pelviocaliceal dengan memasang kateter. Pemasangan kateter adalah dengan melakukan bedah minor oleh dokter urology di ruang bedah. Umumnya dilakukan untuk menunjukkan letak urinary calculi atau jenis kerusakan lain.
  • Myelografi
    Pemeriksaan menggunakan sinar-X dan pewarna khusus (bahan kontras) untuk mendapat gambar kanal tulang belakang Anda. Kanal tulang belakang merupakan bagian pada tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang, akar saraf, dan ruang subarachnoid.
  • Caudografi
    Caudografi adalah pemeriksaan radiografi dari caudo equine dan serabut saraf Lumbal dan sacral dengan memasukan bahan kontras media positif ke dalam ruang subarachnoid pada sumsum tulang belakang, yang sebagian besar berada pada ruang antara columna vertebralis lumbalis kedua dengan ketiga.
    Pemeriksaan caudografi adalah satu jenis pemeriksaan yang mampu memberikan diagnose yang akurat pada tulang belakang dengan kontras media untuk menguji sistem syaraf yang berada dalam saluran columna vertebralis.
  • ECG
    Elektrokardiogram (EKG) adalah pemeriksaan untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung. EKG umumnya dilakukan untuk memeriksa kondisi jantung dan menilai efektivitas pengobatan penyakit jantung.
  • Dan lain-lain.

 

 

 

USG 4D

PERNAHKAH Anda bayangkan, bagaimana wajah janin yang berada dalam kandungan Anda?

Lima-enam tahun yang lalu, mungkin hal ini masih sebatas “mimpi”. Tapi kini, Anda bisa melihatnya malalui USG 4 Dimensi (4D). Salah satu fungsi pemeriksaan dengan ultrasonography (USG) adalah  untuk melihat kehamilan.

Ibu mana yang tak ingin melihat/mengintip kehidupan dalam rahimnya secara lebih jelas? Pasti semua ibu menginginkan hal tersebut. Saat ini RSK Budi Rahayu Blitar telah memiliki fasilitas USG 4D, sehingga para ibu yang menginginkan pelayanan USG 4D dapat mengunjungi RSK Budi Rahayu yang terletak di Jl. A. Yani no. 18 BLITAR – JAWA TIMUR.

Hubungi: 0342 – 801066 ext. 103

 


Baca juga artikel :

 49 total views,  1 views today