TIPS AMAN BEROBAT KE RUMAH SAKIT DI MASA PANDEMI COVID-19

Oleh : dr.Tripomo Widyanto, S.H, MMRS
Direktur RS Katolik Budi Rahayu, Blitar

 

     Sejak bulan Desember 2019, saat pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melanda seluruh dunia termasuk Indonesia,  banyak kegiatan masyarakat yang dulunya dapat dilakukan secara leluasa namun sekarang harus dilaksanakan secara terbatas dan lebih hati-hati dengan menggunakan protokol kesehatan (prokes) tertentu. Pemerintah telah menetapkan berbagai aturan yang harus dilaksanakan semua elemen masyarakat untuk dapat memutus rantai penularan dan penyebaran COVID-19.

     Berbagai peraturan yang dibuat Pemerintah antara lain masyarakat harus melakukan prokes secara ketat yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak fisik > 1 meter, mengurangi mobilitas, menghindari keramaian/kerumunan dan menghindari makan bersama (6M). Namun bagaimana jika kita atau ada anggota keluarga kita yang sakit dan memerlukan pemeriksaan dokter di rumah sakit (RS), haruskah kita tetap stay at home agar tetap aman tidak tertular COVID-19? Untuk keperluan yang satu ini tentu merupakan kebutuhan yang sangat penting dan pergi ke fasilitas kesehatan atau RS adalah suatu keharusan karena jika terlambat ditangani dokter maka  justru dapat mengorbankan kesehatan. Lantas, bagaimana agar kegiatan berobat ke RS tetap aman di masa pandemi ini? Berikut ini adalah tips aman berobat ke rumah sakit yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sebelum berangkat ke rumah sakit

  1. Lakukan pendaftaran/registrasi secara online (dalam jaringan) atau melalui telepon.
  2. Laporkan secara garis besar kepada petugas tentang kondisi, gejala/keluhan yang dirasakan.
  3. Tanyakan kepada petugas RS perkiraan jam pelayanan kita.

Saat pergi ke rumah sakit

  1. Sedapat mungkin menggunakan kendaraan pribadi.
  2. Selalu memakai masker dengan benar dan bawa masker pengganti.
  3. Siapkan hand sanitizer sendiri dan kebutuhan pribadi lain.
  4. Jangan menyentuh muka terutama area mulut, hidung dan mata.
  5. Mendatangi bagian pelayanan sesuai jadwal yang diberitahukan petugas.

Saat berada di rumah sakit

  1. Mengikuti aturan dan alur pelayanan yang ditentukan RS (Skrining pasien dan pengunjung, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 40-60 detik atau dengan hand sanitizer selama 20-30 detik, pemeriksaan suhu tubuh dll).
  2. Melakukan protokol kesehatan secara ketat.
  3. Jangan menyentuh benda-benda yang ada di RS.
  4. Jangan keluar masuk ruang pelayanan agar tidak tertular/menularkan penyakit kepada orang lain.
  5. Jika tidak ingin lama di RS setelah pemeriksaan dokter, maka gunakan layanan antar obat yang disediakan RS.

Saat keluar dari rumah sakit dan tiba di rumah

  1. Selalu memakai masker dan Prokes lain secara ketat.
  2. Mencuci tangan dengan baik dan benar
  3. Langsung pulang ke rumah dan tidak mampir ke tempat lain
  4. Saat tiba di rumah, sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga segera mandi dan berganti pakaian serta membersihkan handphone, kacamata, tas dan barang lainnya dengan cairan disinfektan.

Bagaimana jika yang sakit benar-benar takut untuk ke RS? Dalam kondisi penyakit yang tidak gawat darurat atau penyakit yang tidak mengancam nyawa, maka kita dapat melakukan konsultasi dan pemeriksaan dokter di RS melalui fasilitas telemedicine. Pada masa pandemi ini, fasilitas telemedicine sudah dimiliki hampir semua RS. Fasilitas ini memungkinkan kita bisa berkonsultasi dengan dokter dari rumah dan jika memerlukan obat akan dilayani dengan layanan antar obat.

Demikian tips aman berobat ke RS di masa pandemi ini. Semoga bermanfaat.

 

Sumber :

  • Pedoman Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Pandemi COVID-19, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI, Mei 2021.
  • Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.01.07/MENKES/1591/2020 Tentang Protokol Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19, September 2020.