Menjaga kesehatan ginjal Anda.

Ditinjau oleh : dr. Alan.

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam bentuk urin. Organ ini sangat penting untuk kesehatan manusia secara keseluruhan, jadi penting bagi kita untuk menjaganya. Berikut ini adalah lima langkah gaya hidup sederhana yang dapat membantu Anda menjaga ginjal dalam kondisi yang baik.

 

1.Buat tubuh tetap terhidrasi.

Minum banyak air (normalnya 2 lt / hari) akan membantu ginjal Anda berfungsi dengan baik. Urine Anda paling tidak harus berwarna seperti jerami (kuning muda). Jika lebih gelap, itu mungkin tanda dehidrasi .

Selama cuaca panas, saat bepergian di negara panas atau saat berolahraga berat, Anda perlu minum lebih banyak air dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat.

 

2.Makan makanan yang sehat.

Diet seimbang memastikan Anda mendapatkan semua kebutuhan tubuh (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral) yang cukup dibutuhkan oleh tubuh Anda. Makan banyak buah, sayuran dan hindari makan makanan yang asin atau berlemak.

 

3.Perhatikan tekanan darah Anda.

Periksakan tekanan darah Anda secara teratur, terutama setelah usia >30 th. Tekanan darah yang tinggi terkadang tidak memiliki gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko masalah ginjal dan jantung.

Jika tekanan darah Anda lebih tinggi dari yang seharusnya, dokter akan menyarankan perubahan gaya hidup atau, jika perlu, meresepkan obat untuk menurunkan tekanan darah Anda.

Tekanan darah yang dianggap normal adalah antara 90/60 mmHg s/d 120/80 mmHg

 

4.Jangan merokok atau minum alkohol.

Berusahalah untuk berhenti merokok sepenuhnya dan hindari minum alkohol. Minum terlalu banyak alkohol dan merokok dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Tekanan darah yang tinggi adalah salah satu penyebab paling sering dari penyakit ginjal .

 

5.Tetap jaga berat badan untuk membantu ginjal Anda.

Tubuh yang overweight / kegemukan dapat meningkatkan tekanan darah Anda, yang akan berdampak buruk bagi ginjal Anda. Usahakan untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal dengan selalu berolahraga dan tidak makan berlebihan.

Cara yang bisa digunakan untuk membantu mengukur berat badan yang ideal adalah dengan menggunakan indeks massa tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI). IMT yang baik berkisar antara 18,5 – 24,9. Anda dapat menggunakan kalkulator berat badan sehat untuk menghitung BMI Anda atau dengan menghitungnya sendiri.

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan * Tinggi Badan)

Keterangan :
-Satuan Berat Badan adalah Kilogram (kg)
-Satuan Tinggi Badan adalah Meter (m)

Setidaknya dalam satu minggu, sisihkan 150 menit untuk latihan intensitas sedang, seperti  berjalan kaki, bersepeda atau berenang.

Yang terakhir, tetap konsultasikan terhadap dokter mengenai cara yang sesuai berdasarkan usia anda.

 

Referensi : https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/keeping-your-kidneys-healthy/ 

 


Baca juga : Unit Hemodialisa RSK Budi Rahayu.